1 Nov 2011

Croissant

KUDAPAN yang satu ini sekilas mirip dengan pastel. Jenis kue yang berasal dari negara Prancis ini dinamai “croissant” karena bentuknya mirip bulan sabit.
 
Bila ingin membuat roti bulan sabit dengan tangan, membutuhkan kesabaran karena dapat memakan waktu beberapa hari. Untuk menambah selera, dalam mengonsumsi “croissant”, beragam pilihan rasa telah disajikan di negara-negara lain. Roti bulan sabit ini juga bisa diisi dengan cokelat, daging, dan sebagainya. Berikut ini cara pembuatan “croissant” ala Chef Atsushi Murata.Bahan:
300 gram tepung
15 gram ragi kering
Gula
Garam
Susu
Air
Mentega

Cara Membuat:
  1. Masukkan tepung, ragi kering, gula, dan garam lalu diaduk sampai rata. Setelah merata tambahkan susu secukupnya, aduk kembali lalu tambahkan air kemudian aduk sampai merata. 
  2. Perlu diperhatikan dalam mengaduk adonan, Anda sebaiknya menggunakan sarung tangan plastik. Maksudnya adalah agar bakteri pada tangan tidak masuk ke dalam adonan, utamakan kebersihan dalam membuat kudapan “pastry” dan “bakery”.
  3. Setelah diaduk terus menerus, Anda harus mengolah adonan tersebut sampai terasa keras. Lalu tambahkan sedikit mentega kemudian aduk kembali. 
  4. Setelah terasa keras, maka adonan dimasukkan ke dalam kulkas. Diamkan beberapa menit saja, selanjutnya tambahkan mentega. Diamkan selama beberapa jam. Fungsi dimasukkan ke dalam kulkas agar adonan yang telah diolah bisa mengembang sehingga mentega bisa meresap ke dalam “croissant” tersebut. Kemudian, bentuklah adonan tersebut dengan cara dicetak segitiga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar